Sunday, April 6, 2014

PENGAWETAN IKAN BAWAL DENGAN PENGASAPAN DAN PEMANGGANGAN

April 06, 2014 Posted by Media Penyuluhan Perikanan Pati No comments

Proses pengolahan yang baik dan benar dapat membuat ikan menjadi awet dan memungkinkan untuk didistribusikan antar daerah. Pengasapan dan pemanggangan merupakan salah satu proses pengolahan ikan secara tradisional. Pengolahan tradisional masih mempunyai prospek untuk dikembangkan sebagai alternatif memeratakan distribusi antar daerah penghasil dengan daerah konsumen. Hasil uji kesukaan menunjukkan jika hasil olahan pengasapan lebih disukai daripada hasil olahan pemanggangan.
Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat, mudah didapat, dan harganya murah. Ikan banyak mengandung unsur organik dan anorganik, yang berguna bagi manusia. Namun ikan juga cepat mengalami proses pembusukan setelah ditangkap dan mati. Ikan perlu ditangani dengan baik agar tetap dalam kondisi yang layak dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan yang tidak diawetkan hanya layak untuk dikonsumsi dalam waktu sehari setelah ditangkap. Berbagai cara pengawetan ikan telah banyak dilakukan, tetapi sebagian diantaranya tidak mampu mempertahankan sifat-sifat ikan yang alami. Salah satu cara mengawetkan ikan yang tidak merubah sifat alami ikan adalah pendinginan dan pembekuan. Pengawetan ikan secara tradisional bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam tubuh ikan, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Adapun komposisi kandungan ikan sebagai berikut:

         Tabel 1. Komposisi Kimia Ikan
No
Kandungan
Besaran (%)
1
Protein
16 – 24
2
Lemak
0,2 – 2,2
3
Air
56 - 80
4
Mineral (Ca, Na, K, J, Mn),
Vitamin (A, B, D) dll
2,5 – 4,5
         Sumber: Susanto, 2006.
Subsektor perikanan dan peternakan merupakan andalan utama sumber pangan dan gizi bagi masyarakat Indonesia, selain merupakan sumber protein, juga diakui sebagai “functional food” yang mempunyai arti penting bagi kesehatan karena mengandung asam lemak tidak jenuh berantai panjang (terutama yang tergolong asam lemak omega-3), vitamin, serta makro dan mikro mineral (Heruwati, 2002).
Propinsi Jawa tengah memiliki subsektor perikanan yang meliputi kegiatan usaha perikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat terdiri dari usaha budidaya (tambak, sawah, kolam, karamba) dan perairan umum (sawah, sungai, telaga dan rawa). Selama beberapa tahun terakhir produksi perikanan Jawa tengah telah menunjukkan adanya peningkatan. Produksi yang dihasilkan dari kegiatan perikanan tersebut pada tahun 2011 di Jawa Tengah mencapai 515 ribu ton dengan nilai 4,93 trilyun rupiah. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, produksi ikan meningkat 22,34 persen dan nilai produksinya meningkat 38,25 persen. Produksi perikanan didominasi oleh perikanan darat sebesar 251,52 ribu ton (sekitar 50 persen dari total produksi perikanan) dengan nilai sebesar 1,45 trilyun rupiah.
Jenis ikan yang pada umumnya dibudidayakan dalam usaha budidaya dan di perairan umum diantaranya: nila, gurami, lele, patin, bandeng, bawal, mas, belut nilem dan sebagainya. Ikan bawal air tawar sebagai salah satu ikan hasil budidaya perairan darat mempunyai keunggulan seperti pertumbuhan berat yang cukup pesat. Nama ikan bawal air tawar (Collosoma macropomum) tidak sepopuler ikan mas atau gurame. Ikan bawal adalah ikan pemakan segala (omnivora), sehingga pakannya dapat berasal dari sampah sayuran pasar (Susanto, 2006).  
Pendistribusian ikan yang tidak merata merupakan salah satu masalah yang masih dihadapi pada umumnya, di Indonesia. Jarak yang jauh antara pusat produsen dengan pusat konsumen menjadikan pengolahan dan pengawetan ikan mempuyai prospek untuk dikembangkan. Sehingga perumusan masalahnya sebagai berikut: 1). Jenis pengawetan ikan apa saja yang dapat dilakukan, agar ikan dapat sampai ke tangan konsumen tanpa mengalami pembusukan?, 2). Bagaimana hasil yang optimum dari cara pengawetan ikan secara  pengasapan (smoking) dan pemanggang (roasting)?
BAHAN DAN METODE
Metode yang digunakan adalah metode eksperimental skala laboratorium. Dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan Fakultas Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, pada bulan Maret sampai Mei tahun 2011. Alat dan bahan yang digunakan sebagai berikut:
Pembuatan Smoked Fish
Alat                                      
1.                  Smoke cabinet         8.         Baskom
2.                  Vacuum sealer         9.         Peniris
3.                  Hand sealer             10.       Pisau
4.                  Eksikator     11.       Sendok
5.                  Timbangan analit     12.       Serbet
6.                  Gelas beker 500 ml 13.       Plastik
7.                  Gelas ukur 100 ml   14.       Tissue
Bahan                       
1.                  Ikan bawal 5.         Silica gel
2.                  Garam         6.         Air
3.                  Asap cair     7.         Vaselin
4.                  Serbuk kayu                         

Pembuatan Roasted Fish
Alat yang digunakan dalam pembuatan Roasted Fish sama seperti alat pembuatan Smoked fish, hanya alat Smoke cabinet diganti Meat roaster. Sedangkan bahan yang digunakan dalam pembuatan Roasted Fish juga sama seperti bahan yang digunakan pada pembuatan Smoked Fish.
Pengujian Kesukaan
Setelah pembuatan Smoked fish dan Roasted fish, tahap selanjutnya dilakukan pengujian kesukaan (uji organoleptik) untuk menentukan produk mana yang lebih disukai. Alat yang digunakan: Piring kecil, Gelas, tissue, alat tulis, borang penilaian. Sedangkan bahannya; Ikan asap, ikan panggang, air putih.
Penilaian uji kesukaan ini berdasarkan pada proses pengindraan. Hal-hal yang dinilai meliputi warna, rasa, aroma, dan tekstur. Penilaian dilakukan oleh 10 panelis agak terlatih yang mempunyai kepekaan cukup baik. Pengujian dilakukan dalam ruang pencicip yang merupakan ruangan yang terisolasi dan kedap suara sehingga dapat dihindarkan komunikasi antar panelis, suhu ruang yang cukup sejuk (20-25oC) dengan kelembaban 65-70% dan mempunyai sumber cahaya yang baik dan netral, karena cahaya dapat mempengaruhi warna komoditi yang diuji. Penilaian dibagi dalam lima skala yaitu sangat tidak suka(1), tidak suka(2), netral(3), suka(4), dan sangat suka(5). 
 Protein Ikan serta Kerusakan/Pembusukan Ikan
Ikan merupakan makhluk hidup yang memiliki protein tinggi yaitu sekitar 20 persen, yang sangat baik bagi tubuh manusia dan relatif murah harganya. Protein sendiri merupakan bagian utama dari susunan (komposisi) tubuh manusia.
Protein dalam ikan diantaranya berguna untuk :
1.  Mempercepat pertumbuhan badan (baik tinggi maupun berat).
2.  Meningkatkan daya tahan tubuh.
3.  Mencerdaskan otak/mampertajam pikiran.
4.  Meningkatkan generasi/keturunan yang baik.
Selain itu protein yang terkandung dalam ikan mempunyai mutu yang baik, sebab sedikit mengandung kolesterol (suatu zat yang bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi) dan sedikit lemak. Kebutuhan akan protein berbeda-beda pula, tetapi secara umum dapat diterapkan sebagai berikut :
-  Anak-anak (1-9 th)                    : 25 – 40 g protein/orang/hari.
-  Laki-laki ( 10-60 th)                  : 50 – 60 g protein/orang/hari. - Perempuan (10-60 th)      : 50 – 55 g protein/orang/hari. - Perempuan hamil                  : 60 – 75 g protein/orang/hari. - Perempuan menyusui        : 75 – 80 g protein/orang/hari.
Ikan yang sudah mati akan cepat mengalami proses pembusukan. Pencegahan proses pembusukan dpat dilakukan dengan proses pengawetan. Pengawetan ikan diartikan sebagai setiap usaha untuk mempertahankan mutu ikan selama mungkin sehingga masih dapat dimanfaatkan dalam keadaan yang baik dan layak. Secara umum, kerusakan atau pembusukan ikan dan hasil-hasil olahannya dapat digolongkan sebagai berikut:
1.      Kerusakan-kerusakan biologis yang disebabkan oleh bakteri, jamur, ragi, dan serangga.
2.      Kerusakan-kerusakan enzimatis yang disebabkan oleh enzim.
3.      Kerusakan-kerusakan fisika yang disebabkan oleh kecerobohan dalam penanganan, misalnya luka-luka memar, patah, kering, dsb.
4.      Kerusakan-kerusakan kimiawi yang disebabkan oleh adanya reaksi-reaksi kimia, misalnya ketengikan (rancidity) yang diakibatkan oleh oksidasi lemak, dan denaturasi (perubahan sifat) protein. 
Kerusakan yang paling menonjol adalah kerusakan yang disebabkan oleh enzim dan bakteri, yaitu kerusakan yang mengakibatkan pembusukan. Untuk mencegah pembusukan akan sangat efektif bila kedua penyebab utama disingkirkan dari ikan, dibunuh, dan dicegah kedatangan penyebab lain yang berasal dari luar. Usaha terbaik yang dapat dilakukan manusia untuk mempertahankan mutu ikan terhadap pembusukan adalah sebagai berikut:
1.      Mengurangi sebanyak mungkin jumlah enzim dan bakteri pada tubuh ikan.
2.      Membunuh atau sekurang-kurangnya menghambat kegiatan sisa-sisa enzim dan bakteri.
3.      Melindungi ikan terhadap kontaminasi bakteri dan penyebab kerusakan lain yang datang dari luar.

Pengawetan Ikan dengan Pengasapan dan Pemanggangan
Pemanggangan dan pengasapan dapat digunakan sebagai alternatif pengawetan ikan secara tradisional selain penggaraman, pengeringan, pemindangan dan fermentasi. Cara pengolahan tradisional lebih dominan daripada cara pengolahan modern seperti pembekuan dan pengalengan (Tabel 2). Menurut terminologi FAO, ikan olahan tradisional, atau “cured fish” adalah produk yang diolah secara sederhana dan umumnya dilakukan pada skala industri rumah tangga. Jenis olahan yang termasuk produk olahan tradisional ini adalah ikan kering atau asin kering, ikan pindang, ikan asap serta produk fermentasi yaitu kecap, peda, terasi dan sejenisnya (Heruwati, 2002).
 
    Tabel 2. Jumlah Jenis Pengolahan Ikan di Jawa Tengah tahun 2011.
No
Jenis Pengolah
Jumlah
1.
Pengalengan
6
2.
Pembekuan
15
3.
Penggaraman/Pengeringan
1.631
4.
Pemindangan
1.960
5.
Pengasapan/pemanggangan
2.569
6.
Fermentasi
486
7.
Pengekstrasian/Pereduksian
199
8.
Pengolahan jelly ikan
10
9.
Penanganan produk segar
434
10.
Pengolahan lainnya
1.157

Total
8.467
     Sumber: Data statistik Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, 2012

Di Indonesia, pengolahan ikan secara tradisional dilakukan oleh para nelayan dan keluarganya di sepanjang pantai tempat pendaratan ikan dengan cara pengolahan yang diwariskan secara turun temurun. Produk ikan olahan tradisonal mempunyai sebaran distribusi yang luas karena pada umumnya produk relatif stabil walaupun pengawetan dan pengemasannya sangat sederhana (Heruwati, 2002). Di Jawa Tengah kondisinya juga demikian,  termasuk dalam hal penerapan teknologinya, dari 8.467 jenis pengolahan ikan di Jawa Tengah, yang masih manual sebesar 8.330 buah atau 98,38 persen. Berdasarkan klasifikasinya yang termasuk usaha mikro sebesar 7.969 buah atau 94,12 persen.
Pengasapan adalah cara pengawetan/pengolahan ikan dengan menggunakan asap yang berasal dari hasil pembakaran arang kayu atau tempurung kelapa, sabut, serbuk gergaji atau sekam padi. Dalam hal ini dalam asap terkandung senyawa-senyawa yang mempunyai sifat mengawetkan, seperti senyawa phenol, formaldehyde dan lain-lain (Anonim2, 2011). Asap terbentuk karena pembakaran yang tidak sempurna, yaitu pembakaran dengan jumlah oksigen yang terbatas. Pengasapan ikan dilakukan dengan tujuan : 1). Untuk mengawetkan ikan (banyak dilakukan di negara-negara yang belum atau sedang berkembang dengan memanfaatkan bahan-bahan alam berupa kayu yang melimpah dan murah), 2). Untuk memberikan rasa dan aroma yang khas (Murniyati, 2000). Sebenarnya asap sendiri daya pengawetnya sangat terbatas (yang tergantung pada lama dan ketebalan asap), sehingga agar ikan dapat tahan lam, pengasapan harus dikombinasikan dengan cara-cara pengawetan lainnya, misalnya penyimpanan pada suhu rendah. Menurut perkiraan FAO, 2% dari hasil tangkapan ikan dunia diawetkan dengan cara pengasapan, sedangkan di negaranegara tropis jumlahnya mencapai 30% (Anonim1, 2007). 
Pengasapan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengasapan dingin (cold smoking), dan pengasapan panas (hot smoking). Perbedaan antara keduanya dapat dilihat pada tabel. 3, berikut ini:

Tabel 3. Perbedaan Pengasapan Panas dan pengasapan Dingin

Temperatur
Waktu
Daya Awet
Pengasapan dingin

Pengasapan panas
40 - 50°

70 - 100°
1 – 2 minggu

Beberapa jam 
2 – 3 minggu sampai beberapa minggu. Beberapa hari
Sumber: Murniyati, 2000.

Suhu yang digunakan untuk pengasapan panas cukup tinggi sehingga daging ikan menjadi matang. Daya awet ikan yang diasap panas, ditimbulkan oleh garam, asap dan panas. Sedangkan pada ikan yang diasap dingin, ditimbulkan oleh garam, asam dan pengeringan. 
Pemanggangan juga merupakan cara pengawetan/pengolahan ikan. Pemanggangan dapat dilakukan dengan menggunakan gas, arang ataupun listrik. Pemanggangan dapat menyebabkan kenampakan ikan menjadi kecoklatan (Anonim3, 2011). Warna kecoklatan yang diakibatkan pemanasan yang berlebihan 
terjadi karena adanya reaksi Maillard antara senyawa asam amino dengan gula pereduksi membentuk Melanoidin. Selain itu pencoklatan juga terjadi karena reaksi antara protein, peptida, dan asam amino dengan hasil dekomposisi lemak (Heruwati, 2002). 
Proses pengolahan pengawetan ikan secara roasted dan smoked  pada skala laboratorium ini, proses pengolahannya dilakukan melalui beberapa tahap/orientasi (tabel 4). Hasil orientasi ke-enam menunjukkan kondisi yang optimum. Pengolahan dan pengawetan ikan dengan smoked dan roasted dengan cara seperti orientasi ke-enam dapat menjadi salah satu rujukan peluang dalam pendistribusian ikan antar daerah, dengan jarak antar daerah yang relatif jauh. Menjadi peluang karena masih adanya masalah lain yang dihadapi yaitu belum meratanya distribusi ikan antar daerah. Dengan pengolahan, ikan menjadi awet serta dengan pengemasan vakum yang bertujuan untuk mengurangi kontak bahan dengan udara luar dan memungkinkan untuk didistribusikan dari pusat produksi ke pusat konsumsi. Namun menurut Zotos, dalam Heruwati (2002), pengasapan harus dilakukan pada waktu dan kepekatan asap serendah mungkin, karena asap mengandung senyawa-senyawa karbonil yang akan bereaksi dengan lisin dan mereduksi kualitas protein. Bahan baku yang disimpan beku hingga 33 minggu dapat menyebabkan hilangnya lisin dan tiamin yang tersedia setelah pengasapan masing-masing 74% dan 90%. Sedangkan menurut Burt dalam Heruwati (2002) menyatakan bahwa beberapa jenis vitamin yang terdapat dalam ikan akan mengalami kerusakan sebagai akibat proses pengeringan atau pengasapan, tergantung waktu dan suhu, pH, serta terjadinya penirisan. Pengasapan panas (di atas 80°C) dapat menyebabkan hilangnya vitamin yang larut dalam air seperti
Hasil proses pengasapan dan pemanggangan dapat dilihat pada perubahan warna ikan. Proses roasting menghasilkan warna coklat pucat, sedangkan proses smoking menghasilkan warna coklat mengkilap. Faktor-faktor yang berpengaruh pada proses pengasapan dan pemanggangan pada orientasi ini diantaranya: a). berat ikan, b). penirisan dan penganginan, c). suhu,d). waktu, e). metode pengemasan,dan f). kondisi penyimpanan.
Dari data orientasi sekiranya dapat dijadikan rujukan dalam proses pengolahan ikan secara pengasapan dan pemanggangan, serta pengemasannya. Menurut Heruwati (2002), rasionalisasi dalam pengolahan perlu dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan proses yang sesuai dengan masa simpan yang diperlukan. Apabila produk hanya ditujukan untuk dipasarkan di wilayah yang tidak jauh dari produsen, dan mempunyai perputaran cepat (cepat dibeli konsumen), maka produk tidak perlu mempunyai daya awet sangat tinggi, karena perpanjangan daya awet pasti memerlukan tenaga dan biaya tambahan, selain menimbulkan resiko bahaya terhadap konsumen.   

  Tabel 4. Hasil orientasi perlakuan roasted dan smoked fish.
Orientasi
Kegiatan
Hasil
I
Membuat roasted fish dengan variasi konsentrasi larutan asap cair 1% dan 3%. Suhu roasting 210oC selama satu jam. Pada larutan asap cair ditambahkan setengah sendok makan garam dan seperempat sendok makan merica
Ikan yang dihasilkan matang dan kering pada bagian luar, pada bagian dalam masih basah. 
Bau asap pada ikan yang direndam dengan asap cair 3% masih cukup menyengat, dan setelah selama empat hari disimpan dalam plastik biasa dan pada suhu ruang, ikan mulai mengeluarkan bau busuk.
II
Membuat smoking dan roasting. Dalam larutan garam digunakan satu sendok makan garam yang dilarutkan dalam
500 ml air. Asap cair untuk pembuatan roasted fish dicampurkan sebanyak 5 ml ke dalam larutan garam. Suhu smoking 100oC selama tiga jam, sedangkan suhu roasting, 210oC selama satu jam.
Hasil yang didapat untuk smoked fish yaitu ikan matang namun kadar airnya masih terlalu tinggi. Roasted fish yang dihasilkan lebih kering daripada sebelumnya namun kadar airnya masih cukup tinggi. Ikan dimasukkan dalam plastik dan disimpan pada suhu ruang. Hasilnya ikan busuk, berjamur, dan muncul belatung kurang dari satu minggu.
III
Smoking dan roasting dilakukan dalam dua tahap dengan perubahan waktu. Tahap pertama pada masing-masing metode bertujuan untuk mengeluarkan air dari bagian dalam ke permukaan ikan, sedangkan tahapan kedua bertujuan untuk mengeringkan dan mendapatkan tekstur ikan yang keras serta kenampakan yang mengkilap untuk smoked fish. Pada roasted fish, suhu roasting I adalah 90oC selama satu jam dan suhu roasting II adalah 210oC selama dua jam. Pada smoked fish, suhu smoked I adalah 80oC selama satu jam dan suhu smoked II adalah 100oC selama tiga jam. 
Hasilnya, kadar air ikan sudah cukup rendah, hal ini dapat dilihat dari ketampakan luar yaitu kulit sudah kering. Namun, pada bagian daging ikan yang tebal masih lembek. Rasa yang dominan adalah rasa asin sedangkan bau asap sudah tidak muncul. 
Pada smoked fish, hasilnya, tampakan luar ikan mengkilap dan kulit sudah kering namun daging bagian dalam masih lembek. Bau asap sangat menyengat dan lebih dominan daripada rasa asin.
Pengemasan dilakukan dengan metode vakum.
IV
Pembuatan smoked fish dan pengamatan terhadap produk yang dihasilkan dari orientasi kedua. 
Untuk mengurangi kadar air, waktu untuk smoking II diperlama menjadi 5 jam.
Kemasan vakum pada roasted fish dan smoked fish sudah bocor tetapi roasted fish masih keras dan kering. Smoked fish sudah mulai lembek. Hal ini diduga disebabkan oleh kondisi lingkungan penyimpanan yang kurang terkendali yaitu hanya di suhu ruang. Oleh karena itu, produk dipindahkan ke dalam eksikator yang telah diberi silica gel dan ditempatkan pada ruangan yang sejuk (ber-AC). 
Hasilnya, aroma asap tidak terlalu menyengat yang mungkin
Jurnal Ilmu – ilmu Pertanian   43



disebabkan oleh bahan bakar kurang sehingga asap yang dihasilkan terlalu sedikit. Ketampakan ikan di beberapa bagian gosong dan di daging ikan masih ada yang lembek dan kurang kering. Hal ini dapat disebabkan oleh waktu smoking I kurang lama sehingga air dari bagian dalam ikan belum semuanya keluar dan waktu smoking II terlalu lama sehingga menyebabkan ikan gosong.
V
Pembuatan roasted fish. 
Waktu roasting II tetap dua jam, namun  waktu roasting I diperlama menjadi satu setengah jam untuk mengoptimalkan pengeluaran air dari bagian dalam ikan sehingga roasted fish yang dihasilkan lebih kering. 
Hasil yang didapat adalah roasted fish dengan tekstur keras pada bagian luar. Setelah dikemas secara vakum, roasted fish disimpan pada eksikator sama seperti pada orientasi sebelumnya dan dilakukan pengamatan seminggu sekali.
VI
Pembuatan roasted fish dan smoked fish. 
Waktu roasting I tetap satu setengah jam, namun  waktu roasting II diperlama menjadi dua setengah jam.
Pada smoked fish dilakukan perubahan kombinasi masingmasing tahap , namun total waktu yang digunakan tetap sama yaitu enam jam. Waktu smoking I diperlama menjadi satu setengah jam Sedangkan waktu smoking II dipersingkat dari lima jam menjadi empat setengah jam.
Hasil yang didapat adalah roasted fish dengan tekstur keras dan kering pada bagian luar dan dalam.
Pada smoking hasil yang didapat adalah ikan dengan tekstur yang keras dan warna yang mengkilap. 
Setelah dikemas secara vakum, roasted fish dan smoked fish disimpan pada eksikator dan dilakukan pengamatan seminggu sekali. Setelah dilakukan pengamatan selama lebih dari satu bulan, masih ditemukan sedikit jamur pada ikan hasil orientasi keempat dan kelima. Pada ikan hasil orientasi keenam tidak ditemukan jamur. Tekstur ikan pun masih keras dan kering. 
   Sumber: Data orientasi laboratorium, 2011 
Setelah melakukan berbagai variasi orientasi proses pengasapan dan pemanggangan, maka tahap selanjutnya dilakukan uji kesukaan produk kepada panelis. Panelis dipilih adalah panelis agak terlatih yang mempunyai kepekaan cukup baik. Panelis ini dapat menilai beberapa rangsangan sehingga tidak terlampau spesifik. Berikut tabel data hasil pengujian kesukaan (uji organoleptik) untuk mengetahui produk mana yang lebih disukai oleh panelis (tabel 5).

  Tabel 5. Data hasil pengujian kesukaan
Atribut
Smoked Fish
Roasted Fish
Kenampakan
3.7
3.1
Warna
3.8
2.9
Tekstur
3.2
2.8
Aroma
4
3.1
Rasa
3.9
3.1
 Keterangan :
1  = sangat tidak suka
2  = tidak suka
3  = netral
4  = suka
5  = sangat suka
 Angka yang didapat merupakan angka hasil rata-rata dari penilaian sepuluh panelis. Dari tabel data hasil pengujian, dapat diketahui bahwa produk smoked fish lebih disukai oleh panelis daripada roasted fish. Atribut sensoris yang paling disukai adalah aroma sebab aroma yang dihasilkan pada smoked fish berasal dari asap hasil pembakaran serbuk kayu secara langsung. Atribut kedua yang disukai adalah rasa. Ikan yang diasapi mempunyai rasa yang sangat spesifik, yiatu rasa keasap-asapan yang sedap. Rasa tersbut dihasilkan oleh asam-asam organic dan phenol serta zat-zat lain sebagai pembantu. Atribut sensoris pada roasted fish yang kurang disukai oleh panelis adalah atribut warna, yaitu pucat sehingga kurang menarik.
Kesimpulan
Proses pengolahan pengasapan dan pemanggangan merupakan salah satu bentuk cara pengawetan ikan. Pengolahan ini mempunyai prospek untuk dikembangkan, selain dikarenakan distribusi ikan antar daerah yang belum merata, ikan yang diproses menjadi awet dan memungkinkan untuk didistribusikan ke daerah pusat konsumen. Pada uji kesukaan diperoleh hasil produk olahan pengasapan lebih disukai oleh panelis daripada produk pemanggangan. Atribut sensoris yang paling disukai adalah aroma, sedangkan atribut yang kurang disukai dari produk pemanggangan adalah atribut warna.  Dengan jumlah pengolah jenis pengasapan dan pemanggangan di Jawa Tengah yang relatif banyak dibandingkan jenis pengolah lain, maka diperlukan sosialisasdan pembinaan dari instansi pemerintahan terkait agar pengolah memahami prinsip dasar pengolahan pengasapan dan pemanggangan yang benar, sehingga produk-produk olahan ikan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

0 comments:

Post a Comment