Monday, July 11, 2016

Pemeliharaan Larva Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei, Boone 1931) Dengan Pemberian Jenis Fitoplankton Yang Berbeda

July 11, 2016 Posted by Media Penyuluhan Perikanan Pati No comments
Udang vaname (Litopenaeus vannamei, Boone, 1931) merupakan udang introduksi yang secara ekonomis bernilai tinggi sebagai komoditi ekspor karena diminati oleh pasar dunia. Nama lain dari udang vaname ini adalah Penaeus vannamei, White leg shrimp, Camaron pati blanco (Spain), Crevette pattes blanches (France) dan lain-lain. Udang vaname tersebut masuk ke Indonesia pada Tahun 2001 dan mulai dibudidayakan di tambak daerah Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur, yang pada saat itu udang windu terserang penyakit virus “White Spot Syndrome Virus” (WSSV) yang mengakibatkan produksinya menurun (Sugama, 2002).
Menurut Prabowo (2003), bahwa induk udang vaname yang diintroduksikan ke Indonesia berasal dari Hawaii dan Florida. Upaya pemeliharaan spesies ini dilakukan di Asia adalah karena adanya benur bebas penyakit (Specific Pathogen Free) yang masuk ke China dan Taiwan awal tahun 1995.  Para petambak yang mengalami kerugian pada saat memelihara udang windu mengambil kesempatan untuk membudidayakan jenis vaname ini. Alasan mereka menggunakan jenis udang putih ini adalah karena pertumbuhannya cepat, nilai konsumsi pakan atau Food Consumption Rate (FCR) yang rendah, mampu beradaptasi terhadap kisaran salinitas yang tinggi dan dapat dipelihara pada padat tebar yang tinggi. 
Salah satu faktor penyebab kualitas benur kurang baik adalah ketidaksesuaian pakan yang digunakan dalam pemeliharaan larva. Ketidaksesuaian tersebut seperti ukuran yang terlalu besar, kandungan nutrisi yang kurang maupun pilihan jenis pakan yang diberikan. Ketidaksesuaian ukuran pakan yang diberikan akan mengakibatkan kegagalan dalam pemangsaan awal oleh larva sehingga kebutuhan nutrisi larva tidak terpenuhi. Hal ini menyebabkan kualitas larva menjadi kurang baik (Isnansetyo dan Kurniastuty, 1995). 
Sorgeloos (1992) dalam Nallely dkk. (2006) mengatakan bahwa mikroalga memberikan nutrisi berkualitas secara optimum untuk organisme seperti larva udang sesuai pada stadia perkembangannya. Dikatakan pula bahwa beberapa jenis mikroalgae yakni fitoplankton juga dapat berperan sebagai antibakterial, immunostimulan dan pemasok enzim pencernaan bagi pemangsanya. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan fitoplankton bagi larva udang penaeid adalah kandungan gizi yang tinggi, dapat disediakan secara berkesinambungan, prosedur kultur yang tidak terlalu rumit dan biaya yang tidak mahal. Sehingga ketersediaan fitoplankton sebagai pakan larva dapat terjamin dalam kualitas, waktu dan  jumlah yang tepat.
Perumusan masalah berdasarkan uraian di atas yakni apakah dengan pemberian jenis fitoplankton berbeda memberikan pengaruh yang berbeda, baik terhadap pertumbuhan (growth rate) maupun sintasan (survival rate) larva udang vaname.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi jenis fitoplankton sebagai pakan alami yang paling memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan (growth rate) dan sintasan (survival rate) larva udang vaname. 
Manfaat dari kegiatan penelitian ini adalah memberikan informasi tentang pemeliharaan larva udang vaname dengan pemberian beberapa jenis fitoplankton sebagai alternatif pakan alami yang dapat menghasilkan pertumbuhan dan sintasan larva yang lebih tinggi. Selain itu juga meningkatkan produksi larva udang vaname baik dalam kualitas maupun kuantitas untuk usaha pemeliharaan lanjutan atau usaha pembesaran. 
METODOLOGI
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga November 2010, bertempat di Hatchery PT. Suri Tani Pemuka, Carita, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (Complete Randomizes Design/CRD) yang menguji jenis fitoplankton Thalassiosira weissflogii dan Chaetoceros calcitrans serta campuran keduanya yang memberikan pertumbuhan dan sintasan larva. Larva udang vaname yang digunakan adalah stadia Nauplius4-5. Obyek penelitian ini adalah larva udang vaname (Litopenaeus vannamei) pada stadia Nauplius4-5 yang dipelihara hingga stadia Post Larva (PL-1) dengan pada penebaran 150 ekor/liter yang diberikan fitoplankton jenis Thalassiosira weissflogii dan Chaetoceros calcitrans. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahapan yakni tahap I menggunakan 4 macam perlakuan yang terdiri dari 3 macam perlakuan yang diberikan fitoplankton dan 1 kontrol atau tidak diberikan fitoplankton. Penelitian Tahap II dilakukan dengan 3 jenis perlakuan dan setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis of Varian (ANOVA). Alat uji untuk Normalitas adalah Kolomogorov-Smirnov dan untuk uji Homogenitas menggunakan uji Barlett. Untuk menguji ada tidaknya perbedaan pada analisis ANOVA, digunakan uji Statistik F dengan tingkat kepercayaan 95 % dan dilanjutkan dengan menggunakan uji Least Significant Difference (LSD).
 HASIL DAN PEMBAHASAN
Perlakuan pada penelitian tahap pertama terdiri atas 4 kelompok yaitu larva yang diberikan fitoplankton Chaetoceros calcitrans (A), Thalassiosira weissflogii (B), Chaetoceros calcitrans dan Thalassiosira weissflogii (C) dan tanpa fitoplankton atau hanya pemberian pakan buatan (D). Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pada hari ke 4 bahwa larva telah habis atau sintasan 0% pada perlakuan D, yaitu pada kelompok larva yang hanya diberikan pakan buatan atau tidak diberikan fitoplankton (Gambar 1). Sintasan larva yang terus menurun pada kelompok D, diduga karena pakan buatan yang diberikan sulit dimangsa oleh larva karena tidak sesuai dengan bukaan mulut larva yang masih sangat kecil dan kualitas nutrient tidak lengkap. Sorgeloos et al. (2001), mengatakan bahwa sampai saat ini pakan alami masih merupakan pakan utama untuk larva ikan laut dan krustacea yang belum dapat digantikan kualitas nutrientnya secara lengkap oleh pakan buatan.
Sintasan Larva
Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa pemberian jenis fitoplankton yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda terhadap sintasan larva (Gambar 2). Sintasan akhir yang diperoleh pada uji coba pemberian fitoplankton jenis Chaetoceros calcitrans (kelompok A) diperoleh sebesar 55,04%. Pemberian fitoplankton jenis Thalassiosira weissflogii (kelompok B) menghasilkan sintasan sebesar 68.22 % dan larva yang diberikan fitoplankton kombinasi atau campuran berupa Chaetoceros calcitrans dan Thalassiosira weissflogii (kelompok C) menghasilkan sintasan 77,04. 
Hasil sintasan larva dengan pemberian fitoplankton Thalassiosira weissflogii lebih tinggi dibandingkan dengan pemberian fitoplankton jenis Chaetoceros calcitrans. Hal ini diduga bahwa kandungan gizi Thallasiosira weissflogii lebih tinggi dibandingkan dengan Chaetoceros calcitrans. Sehingga dengan memperoleh nutrisi yang lebih tinggi memungkinkan larva dapat melakukan metabolisme dengan lebih baik. Selain itu faktor lain yang diduga mempengaruhi sintasan larva adalah ukuran Thalassiosira weissflogii yang lebih besar yaitu 4-32 µm (Lowe and Busch ,1975 dalam Rebekah, 2009). Sintasan paling tinggi yang diperoleh dalam penggunaan 2 jenis fitoplankton diduga mempunyai nilai nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian satu jenis fitoplankton. Penggunaan jenis fitoplankton secara campuran telah dinyatakan juga oleh Amdjad (1990) dalam Kumlu (1998) dapat memberikan nilai nutrisi yang lebih tinggi daripada penggunaan satu jenis fitoplankton sebagai pakan alami larva.    
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kandungan gizi dan ukuran fitoplankton dapat mempengaruhi sintasan larva. Sehingga angka sintasan dengan pemberian Chaetoceros calcitrans ternyata lebih rendah dibandingkan dengan pemberian Thalassiosira weissflogii. Pada awal pemeliharaan yaitu pada stadia nauplius hingga berkembang menjadi zoea, larva tersebut dapat mengkonsumsi Chaetoceros calcitrans lebih banyak karena ukurannya yang lebih kecil. Telah disebutkan sebelumnya bahwa ukuran Chaetoceros calcitrans yaitu diameter 4-6 µm (Wujek and Graebner, 1980 dalam Rebekah, 2009), lebih kecil dibandingkan ukuran Thalassiosira weissflogii yakni 4-32 µm. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Suriadnyani dkk. (2007) yang menggunakan fitoplankton Chaetoceros sp. memperoleh sintasan yang lebih rendah yaitu 30,35%. Pada awal pemeliharaan, fitoplankton jenis Chaetoceros calcitrans dapat memenuhi kebutuhan larva, namun seiring dengan perkembangannya, larva membutuhkan yang lebih besar seperti jenis Thalassiosira weissflogii. Dengan demikian, kedua jenis fitoplankton tersebut diatas dapat memenuhi kebutuhan pakan larva pada masa pertumbuhan dan perkembangannya dari stadia ke stadia berikutnya. 
Pemberian fitoplankton yang berbeda terbukti memberikan pengaruh terhadap sintasan larva. Hal ini diketahui dari hasil uji F yang sebelumnya dilakukan hasil uji asumsi klasik yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji normalitas terpenuhi karena nilai signifikansi (P>0.05), sehingga dapat dikatakan data berdistribusi normal Uji homogenitas terpenuhi karena nilai signifikansi (P>0.05), sehingga dapat dikatakan data adalah homogen. Hasil pengujian one way Anova dimana nilai F hitung= 8,874 > 3.8 = F tabel, yang berarti lebih besar dari nilai F tabel. Atau ditunjukkan dengan nilai signifikansi = 0.004 < 0,05 yang berarti bahwa jenis fitoplankton yang diujikan memberikan pengaruh yang berbeda pada sintasan larva. 
Hasil uji Least Significant Difference diketahui bahwa antara Kelompok A dan Kelompok B adalah signifikan (P<0 .05="" a="" antara="" b="" berarti="" berbeda="" c="" dalam="" dan="" kelompok="" larva.="" nbsp="" nyata="" signifikan="" sintasan="" tidak="" yang="">0.05) yang berarti antara Kelompok B dan Kelompok C terhadap pemberian fitoplankton tidak berbeda nyata dalam sintasan larva. Kelompok A dan Kelompok C adalah signifikan (P<0 .05="" a="" antara="" berarti="" berbeda="" br="" c="" dalam="" dan="" kelompok="" larva.="" nbsp="" nyata="" sintasan="" yang="">Pertumbuhan Panjang Larva
Hasil pengukuran panjang larva dengan pemberian fitoplankton Chaetoceros calcitrans yaitu rata-rata 4,03 ± 0.09 mm. Pemberian fitoplankton jenis Thalassiosira weissflogii menghasilkan panjang rata-rata adalah 4,16 ± 0.03 mm. Sedangkan pemberian fitoplankton campuran antara Thalassiosira weissflogii dan Chaetoceros calcitrans memperoleh panjang rata-rata yaitu 4.52 ± 0.06 mm. Grafik panjang rata-rata larva pada akhir pemeliharaan ditunjukkan pada Gambar 3 berikut ini. 
Hasil pengukuran panjang pada akhir pemeliharaan bahwa larva yang diberi fitoplankton campuran yakni Thalassiosira weissflogii dan Chaetoceros calcitrans memberikan ukuran larva yang paling panjang. Hal ini diduga karena nilai kandungan nutrisi pada fitoplankton campuran lebih tinggi dibandingkan perlakuan lainnya. Berdasarkan uji Kruskal Wallis, dimana nilai Chi-Square hitung = 11,837 > 5,99, yang berarti lebih besar dari nilai Chi-Square tabel. Sedangkan nilai signifikansi (P<0 00.="" a="" atau="" b="" bahwa="" berarti="" berbeda="" berdasarkan="" besar="" br="" c="13," dan="" dari="" dihitung="" dimana="" diperoleh="" diujikan="" fitoplankton="" jenis="" kruskal="" larva.="" larva="" lebih="" memberikan="" nyata="" pada="" panjang="" pengaruh="" perlakuan="" pertumbuhan="" ranking="" signifikan="" terhadap="" uji="" wallis="" yang="">Perlakuan A = 3,30 dan perlakuan B = 7,70.  
Perkembangan Stadia Larva
Perkembangan larva dari stadia Nauplius4-5 ke stadia berikutnya hingga PL-1 berhasil lebih baik dengan pemberian pakan campuran Thalassiosira weissflogii dan Chaetoceros calcitrans. Perbedaan perkembangan stadia sudah terlihat sejak stadia zoea. Pada stadia zoea tersebut, larva yang diberikan jenis fitoplankton campuran sudah memperlihatkan waktu yang dibutuhkan untuk berubah stadia lebih cepat dibandingkan dengan pemberian fitoplankton tunggal. Dikatakan Wyk (1999), bahwa secara umum nutrisi dipergunakan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhannya untuk bertumbuh. Larva udang vaname yang diberikan fitoplankton campuran mempunyai nilai nutrisi lebih baik karena terdapat dua jenis sumber nutrisi dibandingkan dengan pemberian fitoplankton satu jenis saja. 
Pengujian quality control perkembangan harian larva udang vaname dilakukan berdasarkan standar prosedur operasional di tempat penelitian yakni pada criteria kualitatif dan kuantitatif serta cara pengukuran dan pengujiannya. Adapun pengujian quality control yang dilakukan selama penelitian antara lain adalah pada hepatopancreas, gut content, necrosis, deformity, epibiont dan bolitas. Hasil pengujian quality control terlihat lebih baik pada pemberian jenis fitoplankton campuran, dimana perubahan atau metamorfosis setiap stadia lebih cepat. Demikian pula hasil penilaian terhadap score kualitas larva bahwa nilai yang dicapai pada pemberian fitoplankton campuran lebih baik dibandingkan dengan pemberian  fitoplankton tunggal. Bransden et al., (2005) dalam Hermawan (2007) mengatakan pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup merupakan indikator keberhasilan pemeliharaan larva. Menurut Lovvet & Felder (1990) bahwa persentase tingkat kelangsungan hidup yang mencapai stadia zoea atau keberhasilan bermetamorfosis dari nauplius menjadi zoea merupakan salah satu kriteria kualitas larva udang vaname. Stadia zoea dan mysis adalah fase pertumbuhan cepat dan merupakan waktu yang sangat kritis karena pada saat itu larva udang sangat rentan dan sering terjadi tingkat kematian yang tinggi. Nauplius dengan cadangan nutrient yang tinggi memiliki kemungkinan untuk bertahan hidup selama bermetamorfosis menjadi zoea dan selama stadia zoea dan mysis terjadi adaptasi fisiologis dengan makanan yang berasal dari luar. 
Manajemen Pemeliharaan Larva
Kepadatan fitoplankton yang diberikan kepada larva udang vaname didasarkan pada standar pemberian fitoplankton. Kepadatan fitoplankton tunggal jenis Chaetoceros calcitrans dan Thalassiosira weissflogii pada stadia Nauplius4-5 diberikan sebanyak 50.000 sel/ml, stadia zoea adalah 80.000-120.000 sel/ml dan pada stadia mysis hingga postlarva (PL-1) diberikan 70.000-100.000 sel/ml. Pemberian fitoplankton campuran Thalassiosira weissflogii dan Chaetoceros calcitrans untuk stadia nauplius masing2 sebanyak 25.000 sel/ml. Selanjutnya untuk stadia zoea 40.000-60.000 dan pada pada stadia mysis hingga postlarva (PL-1) 35.000-50.000 sel/ml. Pemberian fitoplankton yakni 2 kali sehari pada pagi hari pukul 09.00 dan sore hari pukul 15.00.  
Manajemen kualitas air yang dilakukan adalah pengamatan dan pengukuran terhadap parameter kualitas air yaitu suhu, pH, salinitas dan oksigen terlarut setiap hari selama penelitian. Hasil pengamatan terhadap parameter fisika-kimia media pemeliharaan selama penelitian yakni suhu berkisar antara 29.3°C-33.8°C, salinitas adalah 30 ppt,  DO berkisar antara 0.84-2.96 mg/l dan pH adalah 8.1-8.6. Kisaran nilai tersebut dapat dikatakan masih dalam kisaran optimal dalam pemeliharaan larva udang vaname. Menurut Wyk (1999), agar udang vaname yang dipelihara dapat hidup dan tumbuh dengan baik, maka selain harus tersedia pakan bergizi dalam jumlah dan kualitas yang cukup, kondisi lingkungan juga berada pada kisaran yang layak. Air merupakan lingkungan kehidupan organisme perairan dan mereka berhubungan langsung dengan apa yang terlarut dalam air.  Oleh karena itu parameter kualitas air sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan organisme  yang dipelihara.
Pengendalian penyakit pada larva udang vaname dilakukan dengan prinsip dasar yaitu tindakan pencegahan dan pengobatan. Subaidah et al. (2006) yang menyatakan bahwa upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi serangan hama dan penyakit antara lain adalah dengan menerapkan sistem biosecurity. Selama kegiatan penelitian, upaya menjaga kesehatan larva dilakukan dengan cara mengelola kualitas air dan penerapan biosecurity serta strerilisasi terhadap semua peralatan yang digunakan. Penerapan biosecurity dilakukan dengan cara menempatkan cuci kaki  (foot bath) pada setiap pintu masuk ruang pemeliharaan larva, tempat cuci tangan (hand wash) dan sterilisasi ruangan serta semua peralatan sebelum dan sesudah digunakan. Setelah larva memasuki stadia Mysis-1, jenis penyakit yang sering mewabah adalah jenis Zoothamnium sp dari golongan protozoa dengan gejala gerakan lemah dan kebanyakan larva berada di atas permukaan air. Tetapi selama peneliatian ini berlangsung, tidak ditemukan adanya penyakit pada larva udang.
Probiotik adalah salah satu bahan alternatif pengganti antibiotik yang berpotensi untuk dikembangkan yang mampu berkompetisi dengan patogen penyebab penyakit.
Penggunaan probiotik bertujuan untuk memperbaiki kualitas air dan daya tahan tubuh, dimana penggunaan probiotik ini sesuai dengan kebutuhan larva itu sendiri. Selama pemeliharaan larva, probiotik yang digunakan adalah bubuk Epicin D merk Epicore, Sanolife dan Bacillus substilis. Bakteri tersebut berfungsi untuk menghambat munculnya bakteri pathogen, meningkatkan kesehatan larva dan sebagai salah satu upaya penanggulangan penyakit. 
Upaya Peningkatan Produksi Larva
Pemilihan Chaetoceros calcitrans memang sudah merupakan pilihan jenis fitoplankton yang tepat karena fitoplankton tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik dan lengkap yang dibutuhkan oleh larva udang vaname terutama pada stadia transisi. Namun demikian bahwa pemberian beberapa fitoplankton jenis yang lain akan memberikan hasil yang lebih baik dengan tingkat pertumbuhan (growth rate) dan sintasan (survival rate) yang lebih tinggi. Apabila larva yang dihasilkan meningkat, baik kualitas maupun kuantitas, maka kebutuhan akan benih udang vaname akan dapat terpenuhi dan tentu saja dapat meningkatkan keuntungan yang lebih baik bagi para pelaku usaha budidaya udang vaname. 
SIMPULAN DAN SARAN
Pemberian jenis fitoplankton yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda terhadap pertumbuhan dan sintasan larva. Pemberian fitoplankton campuran jenis Chaetoceros calcitrans dan Thalassiosira weissflogii menghasilkan sintasan yang paling tinggi. Manajemen pemeliharaan larva yang dilakukan seperti manajemen pakan, kualitas air dan hama penyakit telah memberikan hasil yang lebih baik dalam pertumbuhan dan sintasan larva udang vaname.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pemberian fitoplankton lebih dari satu jenis yaitu Thalassiosira weissflogii dan Chaetoceros calcitrans pada kondisi lingkungan yang layak dapat meningkatkan pertumbuhan dan sintasan larva udang vaname yang lebih tinggi atau lebih baik. Sehingga penggunaan beberapa jenis fitoplankton dapat disarankan untuk menghasilkan benih udang vaname dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik bagi pemeliharaan lanjutan atau usaha pembesaran udang vaname.
DAFTAR PUSTAKA
Anindhiastuty., Kadek, A.W. & Tjahjo W. (2002). Budidaya Fitoplankton Skala Massal. Bagian VI dalam Budidaya Fitoplankton dan Zooplankton. Seri Budidaya Laut No.9. Balai Budidaya Laut Lampung. 
Djunaidah, S. & Sumartono, B. (1989). Paket Teknologi Pembenihan Udang Skala Rumah Tangga. Direktur Jenderal Perikanan bekerja sama dengan Internasional Development Research Center. Jakarta. 
Elovaara, A. K. (2001). Shrimp Farming Manual. Practical Technology For Intensive Commercial Shrimp Production. United States Of America, 2001. Chapter 4 hal 1-40.
Hermawan, D. (2007). Pengaruh Pemberian Rotifer (Brachionus rotundiformis) dan Artemia yang Diperkaya Dengan DHA 70 G Terhadap Kelangsungan Hidup dan
Intermolt Period Larva Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Tesis. Program Pascasarjana. Intitut Pertanian Bogor. 
Isnansetyo, A. & Kurniastuty. (1995). Pakan Alami untuk Pembenihan Organisme Laut. Kanisius. Yogyakarta.
Kumlu, M. (1998). Larval Growth and Survival of Penaus indicus (Decapoda: Penaidae) on Live Feeds. Faculty of Fisheries. Cukurova University. Balcah. Adana-Turkey.
Kungvankij, P., Tiro L.B, Jr., Pudadera, B.J., Jr., Borlongan, E., Tech, E.T & Chua. T. E. (1985).  A Prototype Warm Water Hatchery. Aquaculture Departement, Southeast Asian Fisheries Development Center. Bangkok. Thailand.
Lavens, P. & Patrick Sorgeloos. (1996). Manual on the Production and Use of Live Food for Aquaculture. Food and Agriculture Organization of United Nations, Rome. 
Lovvet, D.L. & Felder D.L. (1990). Ontogeny Changes In Disgestive Enzyme Activity Of Larva and Posrtal White Shrimp Penaeus Setiferus (Crustacea, Decapoda, Penaeidae). Biol. Bull 178: 144-159.
Nallely, A., Beatriz C., Bertha O.A.V. & Miguel Robles. (2006). Growth of Lyropecten (Nodipecten) subnodosus (Sowerby, 1835) Spat with Three Micoalgae Mixtures Diets. Jounal of Fisheries International.Nurdjana, M.L., 
Nurdjana, M. L., Kokarkin, C., & Hastuti, S.W. (1992). Teknologi Pemeliharaan Larva. Jaringan Informasi Perikanan Indonesia (INFIS) No. 30 1992. Direktorat jenderal Perikanan dan International Developmen Research Center, 1992. 25 hlm.
Prabowo, S.A. (2003). Alih bahasa dari Asian Aquaculture Magazine. Buletin Biru Laut. Edisi I Maret 2003. Unit Data & Informasi Departemen Laboratorium & Monitoring Research and Development PT. Biru Laut Khatulistiwa. Lampung.
Priyambodo. K & Tri Wahyuningsih. (2008). Budidaya Pakan Alami Untuk Ikan (cetakan VII). Penebar Cahaya. Jakarta.
Rebekah M.K. (2009). Thalassiosira  weissflogii. USGS Nonindigenous Aquatic Species Database, Gainesville, FL. URL: 
    Revision     Date: 8/13/2007.  Generated on: 5/7/2009 12:00:31 PM.
Sorgeloos. P., Dhert P. & Candreva P. (2001). Use of Brine Shrimp, Artemia spp. in Marine Fish Larviculture. Aquaculture.147-159.
Subaidah, S., Susetyo P., Mizab A., Tabah I.,, Gede S., Detrich N. & Cahyaningsih. S. (2006). Pembenihan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Balai Budidaya Air Payau Situbondo. Situbondo Hal 33 – 40.
Suriadnyani. N.N., Kadek M., dan Tati A.N. (2007). Pemeliharaan Larva Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) dengan Pemberian Fitoplankton yang berbeda.
Jurnal Penelitian dan Rekayasa Perikanan. Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut Gondol. Bali.
Sugama, K. (2002). Status, Masalah Dan Alternatif Pemecahan Masalah Pada Pengembangan Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Di Sulawesi
Selatan. Media Akuakultur, Jakarta.
Wyban, J. W & Sweeney, J.N. (1991). Intensive Shrimp Production Technology. The Oceanic Institute Shrimp Manual. Honolulu, Hawai, USA. 158 halaman.
Wyk, P.V. (1999). Nutrition and Feeding of Litopenaeus vannamei in Intensive Culture Systems. Farming Marine Shrimp in Recirculating Freshwater Systems. Harbor Branch Oceanographic Institution.

0 comments:

Post a Comment