Monday, September 8, 2014

PEMBESARAN PATIN SIAM SECARA INTENSIF DI KOLAM DALAM

September 08, 2014 Posted by Media Penyuluhan Perikanan Pati 1 comment


PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang
 BBAT Jambi sebagai salah satu UPT Direktorat Jenderal Budidaya Departemen Kelautan dan Perikanan memiliki tugas untuk merintis dan membina kawasan budidaya perikanan air tawar. Untuk itu BBAT Jambi melakukan langkah awal yaitu survei lokasi, perencanaan ujicoba komoditas dan teknologi yang sesuai. Komoditas ikan patin siam (Pangasiadon hypophthalmus) merupakan salah satu komoditas yang sudah berkembang luas di 3 propinsi di Sumatera, yaitu Sumatera Selatan, Jambi dan Riau. Hal tersebut didukung oleh budaya masyarakat di tiga propinsi  tersebut yang menyukai ikan patin dalam berbagi jenis masakannya. Budidaya pembesaran ikan patin yang sudah berkembang di tiga propinsi ini adalah budidaya dalam karamba di sungai dan dikolam. Kebanyakan kolam yang digunakan di tiga propinsi ini adalah kolam tanah dengan kisaran luas 150–500 m2 dan kedalaman air 1–2 m dengan padat tebar 10 m2. Hal ini menjadi penyebab tidak stabilnya hasil produksi karena cepat menurunnya produktifitas kolam dan tidak stabilnya kualitas air. Hal ini menyebabkan menurunnya produktifitas lahan per satuan luas setiap tahunnya. Permasalahan lain yang terjadi adalah semakin seringnya terjadi serangan penyakit dan semakin lamanya waktu tanam (dari 4 bulan menjadi 6 bulan) sebagai indikasi terjadinya penurunan daya dukung lingkungan. 
Melihat permasalahan tersebut BBAT Jambi melakukan kegiatan dengan mengadopsi dan memodifikasi sistem budidaya dari negara Vietnam yang telah mengembangkan budidaya ikan patin siam ini lebih dahulu dibandingkan Indonesia. Vietnam sebagai pengekspor ikan patin terbesar di dunia sudah melakukan pengembangan ikan patin siam dalam berbagai wadah budidaya. Kecenderungan yang terjadi adalah pembudidaya sudah mulai beralih dari budidaya ikan patin siam dalam karamba di sungai ke budidaya ikan di perkolaman. Kolam yang dipakai adalah kolam yang memiliki kedalaman air yang tinggi (3 – 4 m) dengan padat tebar 15 ekor/m2. Pada tahun 2008 ini BBAT Jambi akan mencoba teknologi tesebut sebagai kolam percontohan untuk masyarakat di tiga propinsi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas lahan dan dapat menciptakan teknologi budidaya yang berkelanjutan.
1.2.      Tujuan
            Kegiatan ini bertujuan untuk : 
1.         Memodifikasi suatu sistem budidaya pembesaran ikan patin siam di kolam dalam ( ± 3 m) untuk meningkatkan produktiftas lahan.
2.         Menciptakan satu sistem budidaya patin siam yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

II.        BAHAN DAN METODE
Kegiatan dilakukan di kolam dalam BBAT Jambi, Desa Sei Gelam, Kec. Sei Gelam, Muaro Jambi pada tahun 2008. 
Kolam yang digunakan adalah kolam dengan luas 1500 m2 dan kedalaman air ± 3 m. Ikan yang ditebar adalah ikan patin siam berukuran 8–10 cm dengan rerata berat 6–7 gram dengan padat tebar 15 ekor/m2 (sebanyak 22.500 per kolam).
Penebaran dilakukan pada bulan Januari (2 kolam), Maret (2 kolam) dan Mei (2 kolam)  Pakan yang diberikan adalah pakan komersial dengan kadar nutrisi sebagai berikut :  Protein 30 s.d. 32 %, Lemak kasar minimal 5 %, Serat kasar maksimal 2,5 %, Kalsium maksimal 2,5 %, Phospor maksimal 1,5 %, Abu maksimal 12 %.
Pemberian pakan dengan menggunakan perkiraan berdasarkan FR (Feeding Rate) ikan patin siam di BBAT Jambi (hasil penelitian BBAT Jambi dan JICA) untuk suhu berkisar 27 s.d. 30 oC yaitu sebagai berikut :
Tabel 1. Feeding Rate  Patin Siam (10 s.d 100 gr)
Bobot tubuh (gr)
10-30
30-50
50-70
70-100 
Feeding Rate (%)
8
7
6
5 

Tabel 2. Feeding Rate  Patin Siam 
Bobot tubuh (gr)
<10 span="" style="mso-spacerun: yes;">  

10-100
100-200 
200-400 
400-800 
800-1200 
>1200 
Feeding Rate (%)
10 
8-5 
4 
3 
2 
1,5
1,2


Jumlah pakan disesuaikan setiap minggu, berdasarkan tabel jumlah pakan dan jumlah aktual pakan yang diberikan. Jumlah pemberian pakan juga disesuaikan tiap bulan berdasarkan total bobot yang diperkirakan dari rerata bobot tubuh hasil sampling. Konversi pakan dihitung berdasarkan data pemberian pakan, sintasan dan total bobot tubuh setelah ikan dipanen. Dari pola yang telah diterapkan tersebut terbukti dapat memperbaiki pengelolaan dalam pemberian pakan dan mengurangi biaya pakan dalam produksi.
Dari hasil perhitungan akan ditampilkan dalam tabel berikut :
Tabel 1. Penghitungan rencana pemberian pakan berdasarkan feeding rate ikan patin siam : Bulan :
FCR/1,3
Pakan
/hari(kg)
Pakan /minggu (kg)
Gain
Berat Total
(gram)
Jml Ikan
Rerata
Berat
FR (%)
Period (Tanggal)







Minggu ke 1







Minggu ke 2







Minggu ke 4







Minggu ke 5







Sebagai data penghitungan pakan, maka disediakan tabel kontrol pemberian pakan untuk pelaksana pemberian pakan sebagai berikut :
  Tabel 2. Catatan Harian Pemberian Pakan Karamba :

Hari/
Tanggal
Ikan

Wakt
u
Jml Pakan
Sisa Pakan
Keterangan (Jml ikan mati/Buka karung, ikan sakit, dll)
Jenis
No
Senin
Patin
PASUPATI
A






B






C






D






E






Sebagai pembanding dilakukan pengambilan data dari kegiatan pembesaran ikan patin siam dalam kolam di pembudidaya ikan di Jambi (Desa Tangkit Baru dan Kumpeh)
Selain pengaturan dan penghitungan pemberian pakan, juga dilakukan beberapa pengamatan parameter kualitas air, penghitungan hasil panen, dan analisa usaha.
III. HASIL DAN PEMBAHASAN

Gambar 1.a. Pertumbuhan rerata bobot pada ikan patin siam di kolam dalam BBAT Jambi untuk yang ditebar pada bulan Januari (Jan), Maret (Mar) dan Mei (Mei) tahun 2008.

Gambar 1.b. Pertumbuhan rerata panjang pada ikan patin siam di kolam dalam BBAT Jambi untuk yang ditebar pada bulan Januari (Jan), Maret (Mar) dan Mei (Mei) tahun 2008.
Dari hasil pemeliharaan ikan patin siam di kolam dalam dapat dilihat bahwa terjadi perbedaan tingkat pertumbuhan pada ikan yang ditebar pada bulan Januari jika dibandingkan dengan pertumbuhan ikan pada bulan Maret dan Mei. Hal tersebut diduga karena perbedaan kualitas air pada media pemeliharaan yang berbeda. Pada penebaran di bulan Januari, air di kolam BBAT Jambi masih melimpah karena masih adanya hujan pada bulan Januari s.d. Mei 2008. Sedangkan pada bulan Maret dan Mei curah hujan semakin menurun, sehingga kualitas air semakin menurun yang berakibat pada menurunnya tingkat pertumbuhan ikan (Tabel 1.). 
Pertumbuhan ikan di kolam dalam di BBAT Jambi pada bulan Januari lebih baik jika dibandingkan dengan pertumbuhan ikan patin siam yang dilakukan oleh pembudidaya ikan di Jambi (Desa Tangkit Baru dan Kumpeh). Pertumbuhan ikan patin siam di pembudidaya ikan dengan padat tebar berkisar 10 s.d. 12 ekor/m2, mencapai ukuran ± 450 gram pada umur 6 bulan. Sedangkan di Kolam dalam di BBAT Jambi bisa mencapai 600 gram pada bulan Januari dengan kepadatan 15 ekor/m2

3.2. Kelangsungan hidup dan Konversi Pakan

Tabel 3. Konversi pakan (FCR) pada pembesaran ikan patin dikolam dalam BBAT Jambi pada tahun 2008.
Waktu tebar
Jumlah panen (kg)
Jumlah pakan (kg)
Konversi  pakan 
Sintasan
Januari
11.000
12.900
1,17
83 %
Maret
10.300
13.650
1,28
87 %
Mei
9.700
12.800
1,32
95 %
Pada konversi pakan ikan patin siam yang dipelihara di kolam dalam BBAT Jambi juga     lebih    baik     (             berkisar            1,1–1,3)           jika dibandingkan dengan pemeliharaan pada kolam pembudidaya ikan di Jambi (Desa Tangkit Baru dan Kumpeh) yaitu berkisar antara 1,–1,45). Dari Tabel 3. juga dapat dijelaskan bahwa semakin
tinggi kelangsungan hidup, maka konversi pakan Gambar 3. Pemberian pakan di semakin baik. Kelangsungan hidup dilihat dari kolam dalam BBAT Jambi jumlah ikan yang mati pada tiap harinya. Kematian sering terjadi pada awal penebaran (1-2 bulan pertama) ketika ikan masih berukuran > 100 gram. Untuk menghindari kesalahan dalam penghitungan pakan maka jumlah ikan yang mati terus dipantau.
3.4. Pengamatan Parameter Kualitas Air
Tabel 4.  Kisaran parameter kualitas air yang diukur selama pemeliharaan ikan patin siam dikolam dalam BBAT jambi tahun 2008.
Parameter yang diamati
Januari - April
Mei - Agustus
Sept - Okt
Suhu
26-30oC
26-31oC
26-31oC
pH
6 – 7,5
6-9
5-9
Oksigen
2-4 mg/l
1-3 mg/l
1-3 mg/l
Kedalaman air
3 – 3,5 m
2,7 – 3 m
2,5 – 2,7 m
Kecerahan
40 – 70 cm
20 – 30 cm
10 – 20 cm
Warna air
Coklat transparan
Coklat pekat (keruh)
Coklat kehijauan pekat (keruh berbusa)
 Kualitas air di kolam dalam BBAT Jambi mengalami fluktuasi pada musim kemarau dan hujan. Pada bulan Januari sampai dengan April 2008 masih terjadi hujan, sehingga kualitas air masih cukup bagus. Setelah bulan Juni kualitas air mulai menurun karena tidak terjadinya hujan di BBAT Jambi. Puncaknya pada bulan September dan Oktober kualitas air mulai tepat jenuh, sehingga ikan-ikan yang tidak tahan terhadap oksigen rendah harus mendapat tambahan aerasi. Pada tahun 2008 ini kembali terjadi kemarau panjang seperti tahun 2006 (siklus 2 tahunan) sehingga BBAT Jambi kekurangan air selama 5 bulan. Hal ini menyebabkan menurunnya produktifitas kolam (karena pertumbuhan ikan terganggu).
 3.5. Pemanenan
 konsumsi di kolam dalam BBAT Jambi
Pemanenan dilakukan oleh penjual ikan selama 1–1,5 ton/truk tiap harinya. Pemanenan dilakukan menggunakan jaring dengan pelampung dan pemberat. Pengangkutan dilakukan dengan menggunakan drum dengan kapasitas drum 25 s.d 50 kg per drum tergantung dari jarak tempuh (lihat Tabel 5).
Tabel 5. Kapasitas drum pada pengangkutan ikan patin siam ukuran konsumsi
Jumlah ikan
Waktu tempuh
Keterangan
50 kg/drum
2 jam
-
40 kg/drum
4 jam
-
30 kg/drum
6 jam
Menggunakan garam dan es
25 kg/drum
8 jam
Menggunakan garam dan es
            Pada pengangkutan jarak jauh menggunakan es dan garam untuk mengurangi stress pada ikan.
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
 Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa pemeliharaan ikan patin siam di kolam dalam adalah salah satu alternatif usaha yang dapat direkomendasikan karena :
1.         Lebih menjaga kestabilan kualitas air lingkungan
2.         Pertumbuhan ikan lebih cepat dibandingkan sistem konvensional
3.         Keuntungan meningkat 1,5 kali dibandingkan sistem konvensional
Dari kegiatan ini disarankan untuk melakukan kegiatan lanjutan untuk menyempurnakan sistem kolam dalam, yaitu :
1.         Pembesaran ikan patin siam di kolam dalam pada lahan yang masih mendapat pengaruh pasang surut (air payau).
2.         Pembesaran ikan patin siam di kolam dalam yang terdapat pergantian air sepanjang tahun.
Kegiatan tersebut akan menjadi alternatif penyempurnaan sistem pembesaran ikan patin siam untuk ekspor.
 DAFTAR PUSTAKA
Anonimus. 1992. Studi Identifikasi dan Inventarisasi Plasma Nutfah Perikanan Jambi. Laporan Akhir Dinas Perikanan Propinsi Daerah Tingkat I Jambi. 
Arifin, Z dan Ansyari 1992. Pembesaran ikan patin (Pangasius pangasius) dalam sangkar di kolam dengan kualitas air yang berbeda. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Perikanan Air Tawar. Balitkanwar Bogor. Hal. 201 – 204
Handoyo, B., dan Soleman. 2003. Produksi induk/ calon induk ikan patin jambal (Pangasius djambal) dan ikan baung (Mystus nemurus). Laporan Hasil Rekayasa Teknologi BBAT Jambi. Balai Budidaya Air Tawar Jambi. Jambi.  
Hardjamulya, A. 1988. Penyediaan Induk Untuk Usaha Pembenihan Ikan Budidaya Air Tawar. Balai Penelitian Perikanan Air Tawar Bogor, Badan Litbang Pertanian. 25 Hlm.
Roberts, T.R. and Chavalit Vidthayanon. 1991 Systematic Revision of the Asian Catfish Family Pangasiidae with Biological Observation and Descriptions of Three New Species. Proceedings of the Academy of Natural Sciences of Philadelphia 143: 97-144.  
Sumantadinata, K. 1988. Aplikasi Bioteknologi dalam Pembenihan Ikan. Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan IPB. Bogor. 22 hlm
Widiyati, A., H. Djajasewaka dan E. Tarupay 1992. Pengaruh padat tebar induk ikan patin (Pangasius pangasius) yang dipelihara di karamba jaring apung. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Perikanan Air Tawar. Balitkanwar Bogor. Hal. 201 – 204. 

Rekapitulasi data pembesaran ikan patin Pasupati di Sungai Batanghari 2006
                                                                                                             
Umur
(hari ke)           No Karamba    BWt
(gr)      BW0
(gr)      BWt-0
(gr)      Laju tumbuh    Jumlah ikan     Biomas
ikan (kg)          gain
biomas             SR
30        1          66,85   10,09   56,76   6,99     1481    99,00   84,06   98,73
            2          59,73   10,09   49,64   6,56     1478    88,28   73,37   98,53
            3          60,48   10,09   50,39   6,60     1483    89,69   74,73   98,87
            Rerata 62,35               52,26   6,72                                         98,71
            Total                                                    4442    276,98             232,16              
60        1          181,59             10,09   171,50             4,69     1399    254,04             239,92             93,27
            2          185,65             10,09   175,56             4,73     1389    257,87             243,85             92,60
            3          172,84             10,09   162,75             4,61     1386    239,55             225,57             92,40
            Rerata 180,02                         169,93             4,68                                         92,76
            Total                                                    4174    751,46             709,34              
90        1          322,00             10,09   311,91             3,84     1370    441,14             427,32             91,3
            2          316,00             10,09   305,91             3,81     1371    433,24             419,40             91,4
            3          317,33             10,09   307,24             3,82     1360    431,57             417,85             90,7
            Rerata 318,44                                     3,82                                         91,1
            Total                                                    4101    1305,95           1264,57            
120      1          508,66             10,09   498,57             3,01     1333    678,04             664,59             88,9
            2          526,33             10,09   516,24             3,04     1339    704,76             691,25             89,3
            3          529,66             10,09   519,57             3,05     1323    700,74             687,39             88,2
            Rerata 521,55                                     3,03                                         88,78
            Total                                                    3995    2084    2043     


Umur 
(hari)    No 
Karamba          BWt
 (gr)     BW0
(gr)      BWt-0
(gr)      Laju 
tumbuh            Jumlah  ikan    Biomas  ikan
(kg)      gain 
biomas
(kg)      SR
30        1          71        10,4     60,60   7,10     1432    101,67             86,78   95 , 47
            2          77        11        66,00   7,20     1415    108,96             93,39   94 , 33
            3          64        12        52,00   6,16     1442    92,29   74,98   96 , 13
            Rerata 70,67               59,53   6,82                                         95 , 31
            Total                                                    4289    302,92             255,15              
60        1          134,5   10,4     124,10 4,69     1390    186,96             172,50             92 , 67
            2          145,7   11        134,70 4,73     1368    199,32             184,27             91 , 20
            3          132,09             12        120,09 4,61     1356    179,11             162,84             90 , 40
            Rerata 137,43                         126,30 4,68                                         91 , 42
            Total                                                    4114    565,39             519,61              
90        1          204,46             10,4     194,06 3,29     1376    281,34             267,03             91,7
            2          286,42             11        275,42 3,61     1336    382,66             367,96             89,1
            3          204      12        192,00 3,13     1345    274,38             258,24             89,7
            Rerata 231,63                                     3,34                                         90,2
            Total                                                    4057    938,37             893,23              
120      1          309,11             10,4     298,71 2,60     1363    421,32             407,14             90,9
            2          333,79             11        322,79 2,62     1309    436,93             422,53             87,3
            3          287,03             12        275,03 2,43     1344    385,77             369,64             89,6
            Rerata 309,98                                     2,55                                         89 , 24
            Total                                                    4016    1244    1199     
150      1          319,06             10,4     308,66 2,63     1353    431,69             417,62             90,2
            2          384      11        373,00 2,73     1290    495,36             481,17             86,0
            3          312,39             12        300,39 2,50     1332    416,10             400,12             88,8
            Rerata 338,48                                     2,62                                         88 , 33
            Total                                                    3975    1343    1299     
180      1          484,98             10,4     474,58 2,95     1353    656,18             642,11             90,2
            2          540,67             11        529,67 2,99     1267    685,03             671,09             84,5
            3          447,26             12        435,26 2,78     1332    595,75             579,77             88,8
            Rerata 490,97                                     2,91                                         87 , 82
            Total                                                    3952    1937    1893     

1 comment:

  1. Bandar CAPSA SUSUN Online Terpercaya ya di Ligapoker
    #ligapoker #lgpkr #180.215.12.116 #lpkiukiu #ligapkr #taingqq
    link : http://180.215.12.116

    ReplyDelete