Usaha
budidaya ikan Nila yang dilakukan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai
anjuran, selama ± 3 – 4 bulan sudah bisa dinikmati hasil budidaya yang telah
berjalan. Maka dari itu sangat diperlukan sekali bagaimana pelaksanaan panen,
dan cara mengevaluasi usahatani biaya produksi yang dilakukan agar tidak
mengalami kerugian serta mencari cara pemasaran yang tepat, efektif dan
efisien.
A. Panen
Panen
atau disebut pemungutan hasil, perupakan tahap berhasil atau tidaknya kegiatan
budidaya ikan. Panen ikan Nila harus memperhatikan waktu dan cara panen,
disamping itu waktu panen harus di sesuaikan dengan permintaan pasar dan tujuan
pasar.
1. Waktu
panen
Waktu
panen ikan Nila harus di sesuaikan dengan permintaan pasar dan harga paling
menguntungkan.
2. Cara
panen
Panen
ikan Nila dapat dilakukan dengan dua cara antara lain ;
a. Panen
total
Adalah
panen ikan Nila dengan mengeringkan dan mengangkat semua ikan yang ada di kolam
pembesaran sampai habis.
b. Panen
sebagian atau selektif
Panen
selektif adalah panen sebagian dengan cara memilih sebagian untuk kebutuhan
atau mengurangi kepadatan ikan dalam kolam.
B.
Ilmu usahatani
Ilmu
usahatani merupakan ilmu terapan yang membahas atau mempelajari bagaimana
membuat atau menggunakan sumberdaya secara efisien pada suatu usaha pertanian, perikanan
atau peternakan (Prawirokusumo, 1990)
Pengetahuan
terapan tentang cara-cara petani atau pembudidaya dalam menentukan,
mengorganisasikan serta mengkoordinasikan penggunaan faktor-faktor produksi
secara efektif dan efisien sehingga memberikan pendapatan maksimal (Ken
Suratiyah, 2002)
Suatu
usahatani dapat dikatakan menguntungkan atau layak untuk diusahakan apabila
memenuhi persyaratan, sebagai berikut:
1.
Perhitungan Revenue Cost Ratio ( RCR )
RCR dianalisis dengan membandingkan
antara pendapatan kotor dengan biaya total produksi (Soekartawi et al., 1986). Apabila nilai RCR > 1 usaha
tani tersebut layak dilakukan dan sebaliknya. Formula RCR sebagai berikut :
RCR
=
Keterangan :
RCR : Perbandingan pendapatan kotor dan
total biaya produksi
PK : Pendapatan Kotor
TBP : Total Biaya Produksi
2.
Perhitungan Break Even Point ( BEP )
Break Even Point ( BEP ) adalah titik pulang pokok dimana total revenue (pendapatan kotor) sama
dengan total biaya produksi (total cost)
(Soekartawi et al., 1986).
BEP dapat dihitung
dengan beberapa cara yaitu :
a. BEP
untuk penerimaan / pendapatan kotor (BEP PK)
Dari modal yang
dikeluarkan seberapa besar pendapatan
kotor minimal harus diperoleh agar modal bisa kembali.
BEP PK
Jika penerimaan telah
melebihi BEP, maka usahatani tersebut dikatakan layak untuk diusahakan.
b. BEP
titik impas volume produksi BEPQ
Adalah hitungan berapa
minimal volume produksi yang harus dicapai agar modal sebagai biaya produksi
dapat kembali
BEPQ
Apabila jumlah produksi
yang dihasilkan lebih besar dari pada BEPQ, maka usahatani tersebut
menguntungkan layak dan dapat diusahakan.
c. BEP
harga
Harga produk yang harus
ditawarkan (dipatok) agar biaya produksi dapat dikembalikan.
BEP Rp
Apabila
harga satuan dipasar lebih besar dari BEP(Rp), maka usaha tersebut
menguntungkan dan layak diusahakan.
3. Analisis Return on Invesment (ROI)
Return of invesment (ROI) adalah nilai keuntungan
yang diperoleh dari sejumlah uang yang diinvestasikan pada kurun waktu
tertentu. Analisis ROI dipergunakan untuk mengukur efisiensi penggunaan modal
(Gaspersz,1996).
ROI X 100 %
C.
Pengertian Pemasaran
Konsep
pasar secara modern adalah bertemunya permintaan (demand) dan penawaran (supply)
pada keadaan dengan asumsi nilai dari variabel yang lain tetap (Ceteris paribus) menurut
(Gaspersz,1996).
Definisi
pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs),
keinginan (wants), dan permintaan (demands).
Manusia
harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha
untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu
hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk
memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).
Pengertian
Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga,
promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran
yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997).
Konsep
Pemasaran
Falsafah
konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan
kebutuhan konsumen. Kegiatan perusahaan yang berdasar pada konsep pemasaran ini
harus diarahkan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Secara definitive dapat
dikatakan bahwa konsep pemasaran adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa
pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan social bagi
kelangsungan hisup perusahaan (Swasta, 1996).
Dengan
menyatukan program pemasaran yang ditujukan kepada segmen-segmen pasar yang
dituju, manajemen dapat melaksanakan pemasaran dengan lebih baik dan dapat
menggunakan sumberdaya pemasaran secara efektif dan efisien. Merencanakan
produk yang dapat memenuhi permintaan pasar, menentukan cara-cara promosi yang
paling efektif, memilih media advertensi, dan dengan kemajuan jaman sekarang
dikenal pemasaran online dengan teknologi IT agar lebih menjangkau secara
global dan mendunia.
Strategi
Pemasaran Online yang ampuh untuk bisnis
Bisnis
online kini bukan lagi sebuah tren asal-asalan yang sekedar muncul karena
kepopuleran internet; bisnis online telah menjadi sebuah pasar yang kuat dan
memiliki potensi tinggi yang akan bertahan lama.
Ilmu
strategi pemasaran kini tidak lagi terbatas pada bisnis tradisional melainkan
juga bisnis seperti toko online, bisnis afiliasi, web hosting dan sebagainya. Bahkan
bisnis online lokal atau kecil-kecilan sekalipun harus memiliki konsep
pemasaran yang matang dan dapat menjangkau konsumen yang luas bila ingin
berkembang, terutama dengan besarnya persaingan dalam dunia bisnis online.
Sesuai
dengan sifat bisnisnya, strategi pemasaran untuk bisnis online jelas banyak
memanfaatkan teknologi informasi dalam prosesnya. Tantangannya adalah bagaimana
memanfaatkan berbagai macam teknologi informasi sebaik mungkin dalam strategi
pemasaran, terutama dengan mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.
Berikut
adalah beberapa contoh media dalam strategi pemasaran menggunakan teknologi
informasi untuk bisnis online:
1.
Website.
Website
resmi perusahaan atau bisnis merupakan hal yang wajib dimiliki bagi anda yang
ingin mengembangkan bisnis online. Akan tetapi, harus diingat bahwa jika anda
ingin trik pemasaran anda lebih efektif, sebaiknya jangan lagi menggunakan blog
gratisan sebagai platform website resmi perusahaan atau bisnis anda.
Berinvestasilah dengan menggunakan jasa web hosting yang bermutu dan membeli
domain pribadi agar website dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan terlihat
lebih profesional.
2.
Direktori bisnis
Selain
website, tidak ada salahnya mengiklankan bisnis online anda di direktori bisnis
baik lokal, nasional maupun internasional. Direktori bisnis merupakan cara
bagus untuk menjaring konsumen potensial yang memang membutuhkan produk anda. Agar
bisnis anda cepat dikenal, pastikan anda tidak pelit informasi ketika
memasukkan nama bisnis anda ke dalam daftar direktori. Selain nama, alamat dan
bidang bisnis anda, berikan juga logo bisnis, foto anda sebagai pelaku utama bisnis
atau foto kolam usaha sebagai bagian dari profil bisnis agar pengunjung
direktori bisnis tidak merasa ragu ketika hendak melihat-lihat info bisnis
anda.
3.
Video online
Video
pemasaran saat ini merupakan strategi manajemen marketing yang menjadi favorit
di kalangan pebisnis online. Selain memberi dampak yang lebih besar
dibandingkan iklan tertulis, video yang diunggah ke situs seperti YouTube
membuat anda mampu melacak minat calon konsumen dengan melihat jumlah
pengunjung, jumlah mereka yang suka dan tidak suka serta komentar yang masuk.
4.
Media Sosial
Selain
website resmi, perusahaan atau bisnis anda sebaiknya dibuatkan profil media
sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain menjadi media pemasaran yang
sifatnya lebih personal, media sosial juga membuat komunikasi antar perusahaan
dan calon konsumen menjadi lebih mudah. Seperti direktori bisnis, jangan lupa
membuat profil yang cukup lengkap agar calon konsumen bisa merasa lebih yakin
tentang kredibilitas bisnis anda dan jangan malas memperbaharui status atau
berita serta menanggapi pertanyaan pengunjung di profil anda.
Strategi
pemasaran untuk bisnis online tidak hanya menyangkut media apa yang digunakan,
melainkan juga bagaimana memanfaatkan media tersebut secara maksimal agar
tujuan pemasaran bisnis online anda tercapai. Jika anda memiliki visi untuk
melebarkan bisnis anda, sebaiknya mulai gunakan jasa konsultan dan agen
periklanan khusus pemasaran online saat jumlah dan cakupan konsumen anda mulai
meluas.
buat agan yg minat sama nila merah super (bangkok) kami DeSawah Fish kolam di bandung dan subang dengan kapasitas 800-1ton/hari size 200 - 750g/ekor, bisa hubungi saya ! ketebalan daging, kualitas serta daya tahan ikan .. sya jamin, apabila ikan banyak yg mati lebih dr 10% atau kualitas ikan saya buruk, maka saya ganti 2x lipat dgan ikan yg baru, Phone 081222724891 Pin 5217ecf5
ReplyDeleteSALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
ReplyDeleteDEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<
Klo komentar yg bener aj vroh.... Masuk"in togel" an segala..., Allah SWT yg memberi rezeki k manuaia, bukan AKI KANJENG
Deletesaya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
ReplyDeletebekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada seseorng berkomentar
tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan
Nama saya musito, saya melanjutkan usaha orang Tua ya itu memilihara ikan nila, saat ini kami mengahsilakan 2000 ikan nila per/3 bulan kami sagat sulit sekali pemasaran , adapun cara pemasaran kami dengan cara menjual ikan di tetangga tetangga ,jenis ikan nila yg kami pelihara ikan nila merah , jika saudara daudari punya solusi tolong kirimkan komentar nya di BBM 553ECCFA , trmksih
ReplyDeleteNama saya musito, saya melanjutkan usaha orang Tua ya itu memilihara ikan nila, saat ini kami mengahsilakan 2000 ikan nila per/3 bulan kami sagat sulit sekali pemasaran , adapun cara pemasaran kami dengan cara menjual ikan di tetangga tetangga ,jenis ikan nila yg kami pelihara ikan nila merah , jika saudara daudari punya solusi tolong kirimkan komentar nya di BBM 553ECCFA , trmksih
ReplyDelete