Friday, October 23, 2009

Pemaparan Hasil Participatory Rural Appraisal (PRA) Tingkat Kabupaten

October 23, 2009 Posted by Media Penyuluhan Perikanan Pati 1 comment


Pembangunanan Perikanan pada umumnya dan Penyuluhan Perikanan pada khususnya merupakan hal yang tak bisa ditunda, revitalisasi Penyuluhan Perikanan harus ditindak lanjuti dengan Political will dari Pemerintah mulai dari Pusat sampai daerah. Program PRASASTI MINA merupakan progrm Primadona dari Pusbangluh BPSDMKP Jakarta. pelaksanaan Prasasti Mina di Kabupaten Pati yang tercatat sebagai kabupaten ke 6 penerima Program se Indonesia, diawali sengan pelaksanaan PRA. Hasil identifikasi dengan metode PRA diperoleh sebagai berikut ;
1. Penguatan kelembagaan Pelaku Utama dan Pelaku Usaha sebagai pelaksana usaha bidang perikanan.
2. Penumbuhan Kelompok Pelaku Utama dan Usaha bidang Perikanan dengan pembentukan kelompok Pembenihan, Pengolahan, dan pemasaran hasil perikanan.
3. Penataan dan pengaturan serta pembangunan jaringan irigasi kolam atau tambak air tawar dan pompanisasi.
4. Pengerukan sungai Silugonggo sebagai upaya penanggulangan banjir rutin tahunan.
5. Pemasangan jaringan listrik dan masuknya aliran listrik di kawasan kolam/tambak guna menghidupkan kawasan kolam/tambak sebagai kawasan usaha produktif.
6. Pembangunan Laboratorium Bisnis Perikanan dengan berbagai peralatan dan sistem budidaya serta komoditas sebagai laboratorium.
7. Pembangunan Handling Space, Pasar Benih dan Pembuatan kios Saprokan (Sarana Produksi Perikanan) beserta isinya.
8. Penguatan modal kelompok dengan pelatihan managemen, cara akses modal dari lembaga keuangan perbankan dan cara bermitra usaha.
9. Pembentukan Koperasi yang kuat dan tangguh dengan cara membangun bisnis berbasis pada pelaku Utama dan Pelaku Usaha.
10. Membangun Bisnis Industrial Perikanan Berbasis Pelaku Utama, dilengkapi dengan penguasaan teknologi informatika dan managemen pemasaran yang tangguh dan mengembangkan jaringan bisnis di dalam dan luar negeri..
11. Mengembangkan desa Talun, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati sebagai Kawasan Aquawisata yang berbasis pada pelaku Utama dan Usaha bidang perikanan.
Prasasti Mina dilaksanakan selama 5 tahun yang diawali pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2010, dengan pendanaan bersumber dari APBN dan APBD. Pendanaan dari Pubangluh BPSDMKP setiap tahun sebesar Rp.200 juta, sedangkan dana pendampingan dari daaerah diawali tahun pertama sebesar 20% dari rp.200 juta, tahun ke dua sebesar 40%, tahun ke tiga sebesar 60%, tahun ke empat sebesar 80%, sedangkan tahun ke lima sebesar 100%. Diharapkan hasil akhir kegiatan Prasasti Mina adalah kenaikan pendapatan masyarakay sebesar 50%, sehingga akan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Talun.

1 comment:

  1. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian /Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234

    Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

    ReplyDelete