Saturday, October 17, 2009

Pelaksanaan PRA (Participatory Rural Appraisal)

October 17, 2009 Posted by Media Penyuluhan Perikanan Pati 1 comment


Kabupaten Pati dinyatakan Pusbangluh BPSDMKP menjadi pelaksana program Prasasti Mina Ke 6 se Indonesia, sebagai pengganti Kab.Boalemo Sulawesi. Prasasti Mina dilaksanakan selama 5 tahun, diawali tahun 2008 sampai dengan tahun 2012. Langkah awal Kegiatan Prasasti Mina adalah melaksanakan Participatory Rural Appraisal (PRA). PRA adalah pengkajian/pemahaman desa secara partisipatif berupa serangkaian atau sekelompok kegiatan dan metode yang memungkinkan masyarakat suatu wilayah dapat mengamati, mengkaji, saling berbagi, meningkatkan dan menganalisis pengetahuan tentang kondisi dan aspek-aspek kehidupan yang ada di wilayahnya agar mereka mampu membuat rencana dan tindakan pembaharuan yang lebih baik yang dilakukan oleh masyarakat itu secara partisipatif. PRA dilaksanakan 14 April sampai dengan 21 April 2008 di Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati sesuai rekomendasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati, dilaksanakan Pusbangluh BPSDMKP Jakarta bekerja sama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati yang dilaksanakan Penyuluh Perikanan, staf Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Pati dan Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau Jepara. Tujuan PRA (Participatory Rural Appraisal) adalah:
1. Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menganalisis keadaannya sendiri dan memikirkan kebutuhannya agar bisa memperbaiki keadaan, mengembangkan potensi, keterampilan dan perilaku mandiri.
2. Meningkatkan kemauan dan kemampuan masyarakat dalam belajar bersama berbagai pengetahuan dan pengalaman melalui serangkaian kegiatan.Masyarakat diasah untuk semakin pintar dan cermat mengkaji wilayahnya dan mengembangkan berbagai kegiatan yang tepat untuk mereka sendiri.
Manfaat dari PRA adalah :
1. Meningkatnya proses belajar dan proses membangun kesadaran bagi masyarakat desa dalam melihat berbagai keadaan kehidupan di lingkungannya yang mempengaruhi keadaan mereka sendiri
2. Meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap potensi dan masalahnya sehingga terdorong untuk mengupayakan pemecahan masalah dan jalan keluar serta mengembangkan potensi yang dimiliki melalui penyusunan rencana kegiatan/program yang disusun dan dikerjakan oleh mereka sendiri.
3. Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menilai/mengevaluasi hasil kegiatan programnya sehingga senantiasa dapat memperbaikinya untuk perencanaan yang lebih baik dimasa mendatang
4. Terdorongnya motivasi masyarakat dengan moto ”hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini”
Metode pelaksanaan PRA adalah metode partisipatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik:
1. Pengambilan data primer dan sekunder.
2. Wawancara kelompok terarah.
3. Diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion).
4. Pengamatan langsung.
Instrumen PRA terdiri dari 11 antara lain
1. Pengumpulan dan Pengolahan Data Sekunder
2. Teknik Pembuatan Peta Sumberdaya dan Sosial Desa (Peta Wilayah)
3. Teknik Pembuatan Peta Transek
4. Teknik Penelusuran Alur Sejarah
5. Teknik Pembuatan Diagram Kelembagaan (Diagram Venn)
6. Teknik Pembuatan Kalender Musiman
7. Teknik Pembuatan Diagram Kegiatan Harian
8. Teknik Pembuatan Peta Mobilitas
9. Teknik Pembuatan Diagram Kecenderungan
10. Teknik Pembuatan Diagram alir
11. Teknik Penetapan Peringkat
Output PRA sebagai pedoman didalam Penyusunan Program kegiatan setiap tahunnya dari tahun pertama sampai dengan tahun kelima. Pendanaan kegiatan Prasasti Mina dari tardiri dari APBN dan APBD, sharing dari APBD diawali dari bagian 20% secara bertahap meningkat dari tahun ke tahun hingga tahun lima 100%. Prasasti Mina diharapkan dapat menjadi Pedoman dalam Pembangunan Penyuluhan Perikanan di daerah, sehingga bisa terjadi penetrasi metode penyuluhan ke wilayah desa atau kecamatan di kab.Pati dengan berpedoman pada Pola Pembinaan Prasasti Mina.

1 comment:

  1. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian /Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234

    Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

    ReplyDelete