Tuesday, August 14, 2018

MANFAAT PERSIAPAN KOLAM BUDIDAYA

August 14, 2018 Posted by Media Penyuluhan Perikanan Pati 9 comments
Dalam persiapan kolam pemeliharaan ikan bandeng sistem polikultur, langkah awal yang sangat menentukan keberhasilan budidaya ikan bandeng sistem polikultur, untuk itu diperlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan.
Hal-hal yang harus dipersiapkan  adalah sebagai berikut:
1.      Pengurasan air kolam
Untuk permeliharaan dibutuhkan persiapan persiapan  seperti halnya persiapan yang dilakukan oleh tambak air tawar  lainnya, pompanisasi air dari dalam kolam untuk di keluarkan.
2.      Pengeringan  tanah  dasar  tambak
 Tujuanya adalah untuk membuang gas beracun H2S agar sisa gas beracun tidak mengganggu dalam budidaya ikan,.meningkatkan kondisi tanah hingga dapat mempercepat penguraian bahan organik dan menumbuhkan pakan alami dalam jumlah yang cukup.
3. Pengeringan bisa dipercepat dengan pembuatan parit/caren keliling, atau ditengah, pengeringan hingga tanah retak-retak kadar air sekitar 20%.
4. Tanah dasar tambak bisa bernafas dan pertukaran udara disela-sela tanah yang dikeringkan, tanah yang baik untuk  pemeliharaan  kolam  adalah jenis tanah liat   yang mengandung  40-60  prosen  kadar  liat   bila tanah ini  sulit  didapatkan  kita bias memilih  tanah yang  kedua  yang  memiliki  30 prosen kadar lit,
5. Membasmi ikan predator
Cara membasmi ikan-ikan predator atau (competitor) penyaing makanan, dan  maupun hama yang lain bisa saponin 25 kg/100 m3 dengan kedalaman air 5 cm atau  manual,  yaitu  dengan tenaga  manusia.
Menata lahan kolam :
1.      Servis lahan tambak, setelah tambak itu steril dari racun maupun hama maka proses selanjutnya yaitu   memperbaiki pematang tambak yang kurang baik, serta pengangkatan lumpur   organik yang ditimbulkan dari lumut maupun klekap yang mati dicirikan dengan warna hitam dan bau yang menyengat, maka harus diangkat dari dasar tambak,  dan juga menutup  kebocoran-kebocoran  yang ada di pematang tambak.
2.      Bila kandungan bahan organik tanah itu tinggi dibuktikan dengan banyaknya trisipan, besusul, maupun kijing, maka perlu dilakukan penambahan sumber karbon yaitu dengan tepung tapioka dan tetes tebu yaitu dengan 20-40kg/Ha,    semuanya itu bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bakteri untuk meningkatkan proses penguraian bahan organik yang berada didasar tambak
Tehnik pemberantasan    trisipan/siput   dapat    dilakukan sebagai berikut :
a. Pemberantasan hama trisipan sebaiknya dilakukan secara manual yaitu dengan   pengeringan secara berlahan sehingga trisipan berkumpul.
b. Pemberantasan dengan cara mengobatan saponin yang ditaburkan dicaren yang ada kumpulan trisipan tersebut.
Proses pengapuran dan pemupukan organik :
a.       Pengapuran
Setelah   dasar  kolam  benar2 bersih  dan kering  maka Pengapuran  tanah  dasar  tambak dilakukan bila nilai PH tanah kurang dari 6,5 pengapuran dilakukan    setelah proses pencucian dan tanah masih lembek, adapun kapur yang cocok  untuk menaikkan PH tanah adalah kapur pertanian  /dolomit   dengan  dosis  200-400kg/Ha, dan juga dapat untuk membunuh hama maupun pathogen yang masih  dalam tahap pengeringan.  Cara Pengapuran
   Pengapuran kolam budidaya dilakukan dengan cara disebar merata dipermukaan tanah dasar kolam. Setelah disebar tanah dasar kolam dibalik dengan cangkul sehingga kapur bisa lebih masuk ke dalam lapisan tanah dasar. Pengapuran untuk kolam semen dan terpal dilakukan dengan cara dinding kolam dan dasar terpal di kuas dengan kapur yang telah dicampur air. Kapur yang sering digunakan adalah kapur pertanian atau dolomite dengan dosis 60g/m2. Pengapuran kolam dilakukan untuk menaikkan pH tanah dan membunuh bibit penyakit.
Slama proses pengapuran biarkan selama 5-7 hari dan barulah di lakukan pemupukan, setelah pengapuarn di lakukan maka perlu juga di lakukan pemupukan ,pemupukan ini juga bertujuan untuk penyuburan kolam ikan.
2.Cara Pemupukan
   Cara pemupukan dengan pupuk kandang dapat dilakukan dengan cara disebar pada dasar kolam maupun dionggokkan di beberapa tepi kolam dengan menggunakan karung.
Cara pemupukan dengan TSP dan Urea dengan cara pupuk ditebar dan disebarkan di tanah dasar kolam, hasil dari pemupukan dapat dilihat pada perubahan warna air kolam hijau dan hijau kecoklatan.
Hubungan Pengapuran Dan Pemupukan
   Hubungan pengapuran dan pemupukan sangat erat dan berkaitan karena kedua aspek tersebut dapat meningkatkan produktivitas budidaya, kedua aspek ini memiliki perbedaan yang sangat siknifikan tetapi tujuan utama dari pengapuran dan pemupukan adalah meningkatkan produktivitas, jika kita melakukan persiapan lahan/kolam budidaya sebaiknnya kita melakukannya dengan baik dan menguasai teori terlebih dahulu, contohnya pada petani yang hanya modal nekad saja mereka tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam berbudidaya, untuk itu dalam berbudidaya di dahulukan pengapuran dibanding pemupukan, kita sudah membahas pengapuran itu bertujuan untuk membasmi bibit penyakit bahkan dapat memperbaiki pH dan unsur-unsur yang tidak berguna menjadi berguna, sedangkan pemupukan bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan unsur hara untuk menciptakan pakan alami bagi ikan. Jika dalam berbudidaya didahulukan pemupukan dibanding pengapuran maka hasil nya tidak efektif, bukan berarti keduanya tidak penting bahkan jika salah satu aspek ini di abaikan produktivitas dalam siklus budidaya tidak akan maksimal.
b.      Pemupukan organik
Setelah proses pengapuran selesai, langkah selanjutnya adalah pemupukan. Sebaiknya gunakan pupuk organik sebagai pupuk dasar. Apabila dirasa kurang, bisa ditambahkan pupuk kimia atau penyubur tanah lainnya. Pupuk organik mutlak diperlukan untuk mengembalikan kesuburan tanah.
Pupuk organik akan merangsang aktivitas kehidupan dalam tanah. Tanah yang kaya bahan organik merupakan surga bagi berbagai macam organisme untuk berkembang biak. Organisme tersebut nantinya sangat bermanfaat sebagai pakan alami ikan.
Jenis pupuk organik yang digunakan bisa pupuk kompos atau pupuk kandang. Dosisnya sekitar 1-2 ton per hektar. Pupuk ditebarkan secara merata di permukaan dasar kolam. Bila dirasa kurang, bisa ditambahkan pupuk kimia. Pupuk kimia yang sering dipakai untuk dasar kolam adalah urea dan TSP. Setelah dipupuk, kolam dibiarkan selama 1-2 minggu. Selanjutnya, kolam siap untuk diisi air.Sebelum tambak itu dimasuki air untuk  pembibitan maupun pembesaran  maka sebaiknya dasar tambak ditaburi dengan pupuk organik 500-1000kg/Ha, yaitu  dengan pupuk kandang yang sudah difermentasi kemudian ditaburkan di permukaan tambak  sampai merata yang akan menimbulkan banyak plangton yang  nantinya  sangat dibutuhkan  oleh  ikan  yang kita budidaya
Persiapan Air /Pengisian air
       Setelah kualitas dasar tambak  sudah   memenuhi   syarat  dengan ketentuan diatas    tahap  terakhir   adalah  Pengisian   tambak    dengan air     yang berkwalitas diantaranya    tidak busuk    ,bau,warna    yang hitam     paling   tidak dengan air yang sedikit    hijau kecoklatan  ,  dan    ketinggian    air  dalam   petakan   tambak   minimal 70 cm,   dan    harus   pakai    penyaring   misal hafa dan lain lain.

9 comments:

  1. Pengakuan Kisah Nyata Ibu Ratnawati
    Tanpa Rekayasa Cerita Ini Benar Adanya

    Assalamualaikum Wr, Wb.
    sebelumnya saya minta maaf apabilah tulisan yang saya posting ini menyinggung hati para pecinta dunia maya, namun apa yang saya tulis ini bukanlah tapi kisah nyata yang saya alami dan rasakan saat ini, sebelum saya melanjutkan cerita ini perkenalkan nama lengkap saya Ibu Ratnawati Usia 44 tahun tinggal di Pohuwato propinsi Gorontalo, kisah saya mulai ketika saya dan suami membuka usaha pengepul rumput laut di daerah kami awalnya usaha kami sangat maju pesat dan ekonomi kami boleh di katakan sudah berkecukupan karna usaha yang mulai maju pesat itu akhirnya saya dana suami sepakat untuk membesarkan usaha kami dengan meminjam modal di dengan jaminan surat tanah dan rumah kami, saya dan suami mendapat pinjaman dari bank sebesar 1 Milyar kami pun memakai uang itu untuk mengepul semua hasil rumput laut di gorontalo, namun nasip berkata lain bukannya keuntungan yang kami dapat tapi malah musibah gudang tempat penyimpanan yang bersampingan dengan rumah kami ludes terbakar api semuanya musnah tanpa sisa barang uang perhiasan pun habis, saat itulah kami terpuruk dan jatuh miskin, keputusasaan melanda kami dan pada akhirnya saya dan suami memutuskan mencari jalan instan minta pesugihan pada awal maret kami berkunjung ke tanah jawa menjumpai seorang dukun di kota malang berbagai ritual sudah kami jalani tapi hasilnya nol. uang kami habis tapi kami tidak dapat apa-apa, lalu kami cari ke tempt lain dan kami bertemu dengan K.H. Abah Manzur, setelah kami mendengarkan penjelasan beliu awalnya kami sedikit ragu akan berhasil karna cara beliu ritual tidak pakai bahan apapun cuma pakai uang yg kami sisahkan itu, setelah menunggu 5jam lamanya allhamdulillah, mata saya tertujuh pada karung yg didalamnya penuh dengan uang pecahan 100 ribu, kemudian pak kyai memanggil kami dan menyampaikan itu uang anda ambillah "kata beliu" dengan sujud syukur kami mencium kaki beliu sambil menangis bahagia, lalu ke esokan harinya kami pulang ke gorontalo untuk meritis usaha lagi, berkat bantuan dana gaib 3 milyar dari abah manzur kini hidup kami sdh lebih baik dari sebelumnya, kepada saudaraku yang ingin mengubah nasib jangan pikir pikir lagi segeralah minta pertolongan beliu insyaallah beliu akan membantu kesusahan anda.
    Sedikit saya tambahkan bahwa ritual pesugihan abah tanpa tumbal dan resiko apapu di jamin aman dunia akhirat,

    Jika ingin merubah nasib segerah hubungi kyai abah manzur di nomor tlp 0853~2048~9499 atau Kunjungi Situs: https://ahlipesugihanislami.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  3. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker.com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker.com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER.COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER.COM

    ReplyDelete
  4. Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    www(.)edenpoker(.)xyz

    ReplyDelete
  5. VAZBET - Situs Slot Mesin Online

    Welcome Bonus 100%
    Syarat Mudah dan Tidak Ribet !
    - Maks. Bonus 1,000,000
    - Min. Depo Rp 100,000 untuk Claim Bonus 100%
    - Bonus Rollingan Setiap Minggu 0.8%
    - Bonus Deposit 3% - 10%

    Daftar yuk! ♥
    WA: +855 87879520
    WWW,VAZBETGAME,COM

    ReplyDelete
  6. Join yuk di EDEN POKER...
    EDENPOKER - Agen IDN Poker Terbesar & Terpercaya
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Contact Person :
    WA : +855 7863 3569
    www.edenpoker.xyz

    ReplyDelete
  7. Ijin Post Yahh bossku
    Join yuk di KENARI POKER.
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di KENARIPOKER .COM
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus Next Deposit 20%
    - Bonus FREEBET 10.000
    Contact Person :
    WA : +855 964983801
    www.KENARIPOKER.com

    ReplyDelete
  8. Join yuk di EDEN POKER.
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +855 7863 3569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete
  9. Gampang dan Mudah di Akses !!!!
    Cukup Daftar Dengan Nomor Handphone
    Anda Sudah Menjadi Member edensukses !!!
    Agen Judi OnlineTerkini Dan Terpercaya

    Promo Bonus New Member dan Member Tetap :
    ~ Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Minimal deposit hanya 15 ribu
    1 User ID Untuk Semua Jenis Permainan
    - POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN.

    Deposit Via Pulsa :
    - Telkomsel
    - XL
    - OVO
    - Go Pay

    Informasi kontak kami
    📱 WA : +855 17640528
    📱 LINE : EDENPOKER
    Telegram : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    Email : edenpoker.idn@gmail.com

    ReplyDelete